Senin, 03 Agustus 2009

manohara

  1. Kompetensi pengawas penting di perhatikan. Pengawas dapat disebut sebagai konsultan pendidikan di lapangan, harus mempu menjadi pembina dan penyelia dibalik kendala penyelenggaraan pendidikan di masyarakat. Oleh karena itu rekrutmen pengawas harus bermutu baik tingkat kreatifitas dan ketajaman dalam mengkaji persoalan. Haruskah Rekrutmen melalui jenjang kepala sekolah? Belum ada ketentuanan yang saya temukan. Mohon dasar hukumnya? Karena jika menunggu dari KS terlanjur bermutu (BERMUka TUa)produktifitasnya menurun. Padahal dari unsur Guru yang gigih dan Kompeten terhadap TUPOKSI Kepengawasan banyak dan lebih produktif dibanding yang berangkat dari unsur KS yang sudah berkurang perhatiannya terhadap Edukasi karena terlindas menejemen BOS

  2. 2 kosasih 18 Juni 2009 pukul 08:52

    Ass.Wr.Wb Pertama ingin diketahui dulu dimanakah posisi organisasi seorang pengawas setelah apakah ybs telah dibekali dengan materi untuk pelaksanaan tugasnya selanjutnya apakah sudah ada rincian performance indicator yang harus dipedomani dalam sistem pendidikan baik itu mutu guru/fasilitator maupun mutu penyelenggaraan pendidikannya.trims.

  3. 3 sunarya 3 Juli 2009 pukul 08:34

    selama peraturan, kebijakan pemerimtah pusat dan daerah saling berbenturan dengan kepentingan daerah, maka nasib pengawas selalu termarjinalkan. dari hal tersebut wadah pengawas yang sudah terbentuk memperkokoh untuk memperjuangkan apa2 yang suadah adaseopimal mungkin

  4. 4 nafilah alis 16 Juli 2009 pukul 19:49

    WAHAI PARA GURU DAN KEPALA SEKOLAH, JANGAN DULU INGIN JADI PENGAWAS DEH SEBELUM SISTEMNYA DIPERBAIKI DAHULU, AGAR TIDAK MENYESAL SEPERTI KITA-KITA, KE KANAN- KE KIRI MENTOK. SELALU TERPINGGIRKAN, LUPUT DARI PERHATIAN DAN PEMIKIRAN PARA PEMBUAT KEBIJAKAN.PARA PENGAWAS YANG NOTABENE ORANG-ORANG YANG BERPENGALAMAN DAN BERMASA KERJA CUKUP MEYAKINKAN UNTUK JADI PESERTA, IRONIS JUGA BARU SEKARANG DIBERI KESEMPATAN IKUT SERTIFIKASI. DAN… EH MALANGNYA KUOTANYA MASIH MINIM DAN TIDAK MERATA. AKHIRNYA MASIH BANYAK SEKALI YANG TIDAK TEREKRUT, DAN KEBURU PADA PENSIUN DEH. KASIHAN SEKALI MEREKA. SEMOGA TIDAK STRESS YA. BERDOA SAJA MUDAH-MUDAHAN ADA PERTOLONGAN DATANG SECEPATNYA.SETIDAK-TIDAKNYA UNTUK SEMENTARA, FORUM INI MENJADI TEMPAT CURHAT YANG TEPAT. IYA KAN ?

    @ Ibu Nafilah
    Kita berdoa dan berharap semoga ke depannya posisi kepengawasan semakin dapat diperhatikan oleh siapa pun yang merasa berkepentingan dengan mutu pendidikan di negeri ini.

  5. 5 rakhmat 18 Juli 2009 pukul 23:46

    tampaknya pengawas perlu sekali mendapatkan bintek tentang kepengawasan . kalaupun sudah ada yg dibintek . tapi ternyata di daerah tak ditularkan ke teman2 hususnya banjarnegara

  6. 6 Mahfud Anwari 19 Juli 2009 pukul 10:31

    Forum pengawas ini sangat bermanfaat untuk media silih asah, sisih asuh dan silih asih, oleh karena itu hendaknya forum ini juga memuat contoh-contoh perangkat yang selama ini dibutuhkan oleh pengawas itu sendiri seperti : program tahunan kepengawasan, program semester kepengawasan, pengawasan manajerial/akademis, termasuk AD/ART MKPS, dan seterusnya, kemudian contoh itu bisa didowmloud oleh siapa saja dan diadaptasikan dengan daerahnya. Saya punya contoh-contoh itu semua namun masih sangat sederhana sekali perlu masukan dari berbagai pihak untuk menuju kesempurnaan bersana, tapi saya tidak tahu bagaimana mengirimkannya, jadi mohon prtunjuk selanjutnya ! sekian dan terima kasih.

    • 7 AKHMAD SUDRAJAT 19 Juli 2009 pukul 11:12

      @ Pak Mahfud Anwari
      Untuk membantu reka-rekan PS, saya saya telah sediakan menyediakan beberapa informasi terkait dengan tugas-tugas kepengawasan, yang bisa ditelusuri dalam blog ini, tetapi memang belum lengkap.
      Jika Bapak dan yang lainnya berkenan sharing mengenai bahan-bahan yang berkaitan dengan tugas kepengawasan, bisa dikirim via email saya : akhmadsudrajat@ gmail.com.
      Akan saya sebarluaskan melalui blog ini, dengan tetap akan mencantumkan nama pengirimnya.
      Inilah harapan saya yang sesusungguhnya dari adanya forum ini
      Terima kasih

  7. 8 qusyairi 22 Juli 2009 pukul 08:24

    kami menanyakan data data yang diperlukan untuk Perangkat AKreditasi Dimulai dari tahun berapa

  8. 9 suprapto 23 Juli 2009 pukul 23:14

    Saya memiliki sertifikat pengawas, apakah proses untuk menjadi pengawas memang membutuhkan waktu yang cukup panjang?


Tinggalkan Balasan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar